Winpay Menjadi Role Model Penyelenggara Jasa Pembayaran Nasional

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Aplikasi Finance and Technology (Fintech) Winpay meneguhkan komitmennya sebagai mitra strategis Bank Indonesia (BI) dengan role model nasional dalam kepatuhan dan tata kelola penyelenggaraan sistem pembayaran. Winpay merupakan perusahaan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) di bawah naungan PT Bimasakti Multi Sinergi.
CEO Winpay, Bagus Cahyono mengatakan bahwa Winpay telah ditetapkan dalam klasifikasi PJP 1. Winpay terus memperkuat integrasi, keamanan, dan kepatuhan terhadap standar regulasi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, termasuk implementasi Tata Kelola Industri Keuangan Digital (TIKMI).
Advertisement
Sebagai informasi, klasifikasi PJP 1 di Indonesia mencakup penyediaan informasi tentang sumber dana, inisiasi pembayaran dan/atau perolehan layanan, pengelolaan sumber dana, dan layanan pengiriman uang. Perusahaan yang termasuk dalam kategori ini harus memiliki lisensi untuk menyediakan e-money, e-wallet, gateway pembayaran, transfer dana, dan layanan akuisisi pedagang. Klasifikasi ini penting untuk memastikan bahwa perusahaan pembayaran memiliki izin yang sesuai dan dapat beroperasi dengan aman dan efektif di pasar.
"Kami percaya bahwa kepatuhan bukan hanya kewajiban, tetapi fondasi untuk membangun kepercayaan publik dan stabilitas industri. Winpay berkomitmen menjadi contoh bagi industri pembayaran nasional dalam menjalankan aturan Bank Indonesia secara menyeluruh," ujar Bagus sapaannya kepada TIMES Indonesia, (15/10/2025).
Selain fokus pada kepatuhan, Winpay juga mendukung langkah Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas sistem keuangan digital, sehingga transaksi masyarakat tetap aman, efisien, dan terpercaya. Winpay telah menerapkan Fraud Detection System (FDS) yang terintegrasi baik secara internal maupun dengan instansi pengawasan resmi pemerintah, memastikan setiap transaksi terlindungi dari potensi kecurangan dan risiko keamanan.
Winpay sejalan dengan visi besar BI untuk menjadikan Indonesia sebagai hub ekonomi digital di kawasan ASEAN, melalui inovasi pembayaran lintas batas, penguatan QRIS, dan standarisasi SNAP. Langkah ini sejalan dengan visi Bank Indonesia untuk membangun ekosistem pembayaran yang aman, cepat, efisien, inklusif, dan berdaya saing global, serta mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.
"Sinergi antara PJP dengan Bank Indonesia adalah kunci untuk memperkuat fondasi ekonomi digital nasional. Winpay siap berada di garis depan untuk memastikan setiap kebijakan BI dapat diimplementasikan dengan optimal," tambah Bagus.
Sebagai bagian dari PT Bimasakti Multi Sinergi, Winpay mengusung semangat inovasi dan integritas dalam setiap langkahnya. Dengan reputasi sebagai PJP nasional yang patuh aturan, Winpay berharap dapat memberikan inspirasi bagi pelaku industri pembayaran lainnya, sehingga bersama-sama mampu menghadirkan sistem keuangan digital yang sehat, transparan, dan berdaya saing tinggi.
Tentang Perusahaan PT Bimasakti Multi Sinergi
Winpay adalah perusahaan payment gateway dibawah naungan PT Bimasakti Multi Sinergi, sebuah perusahaan financial technology yang bergerak di bidang pembayaran elektronik (e-payment) di Indonesia untuk industri B2B, B2C, B2G.
Adapun Ijin dan Sertifikat PT Bimasakti Multi Sinergi meliputi, Ijin Bank Indonesia sebagai PJP Kategori 1 (Utama). Penyelenggara Sistem Elektronik, Sertifikat ISO27001, Sertifikasi PCI DSS, Enkripsi AES-256, dan Anggota resmi Asosiasi Fintech Indonesia. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Deasy Mayasari |
Publisher | : Sholihin Nur |